Jumat, 25 Februari 2011

Musik Dangdut....

Aku mau bicara soal musik....tentu bagi para penggemar musik....
Itu adalah sepenggal syair lagu milik bang haji Rhoma Irama yang berjudul Musik yang hits sekitar tahun 80 an, perkembangan musik di tanah air akhir-akhir ini memang berkembang sangat pesat, berbagai aliran musik dari luar begitu banyak mempengaruhi genre musik di Indonesia seperti hip hop,RnB,Pop atau pun Boys band yang saat ini mulai bangkit kembali. Salah satu musik yang hingga saat ini gak ada matinya (menurut saya) adalah musik dangdut, siapa yang gak tau musik dangdut semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan musik tersebut. Nah sekarang saya hanya ingin berbagi pengalaman saya yang pernah sedikit mempelajari bermain musik dangdut ini meskipun hanya sebentar. Pertama mungkin perlu di ulas mengenai alat musiknya karena musik ini menggunakan alat yang lebih banyak dari pada musik pop atau sejenisnya. Oke deh langsung saja yang pertama adalah :
1. Gendang
Alat musik ini katanya sih berasal dari India cara memainkanya yaitu dengan cara di pukul menggunakan jari, alat musik ini yang paling berperan besar dari musik ini karena suaranya yang dominan gak ada putus-putusnya boleh di bilang nyawanya nih..klo di grup Orkes Melayu (disingkat OM) yang terkenal di Jawa Timur yaitu OM Palapa tukang gendangnya namanya Slamet.
2. Seruling Bambu
Pasti udah pada tau sama alat musik tiup ini menurut informasi alat musik yang paling susah di mainkan karena orang yang memainkanya harus punya pernafasan yang panjang dan feeling yang kuat terhadap nada.
3. Tamborin (bahasa jawanya kecer atau ecek-ecek)  dan simbal
Alat musik ini...mmmm...gimana ya nyritainnya pokoknya suara yang di keluarkan bikin rame dan enak, meskipun kelihatannya sederhana tetapi ternyata cara maininnya gak gampang harus tau tempo musiknya karena klo gak bakalan morat marit itu musik..
4.Bass Gitar
Semua pasti juga udah pada tau, dalam musik dangdut alat musik ini juga sangat menentukan enak atau enggaknya suatu grup, gak boleh salah mainin chordnya karena akan sangat kentara sekali klo pas manggungg malu-maluin..hehe..
5. Gitar Rythem
Dalam musik dangdut rythem sebagai penyeimbang, paling enak tukang mainin ini klo ada salahnya gak ketahuan..hihihi..
6. Gitar Melodi
Ini dia favorit aku memang gak begitu dominan tapi pemain melodi ini biasanya didaulat sebagai leader di grup, cara maininnya pun harus halus metik senarnya kebanyakan lebih mengandalkan teknik bending dan dan hammer jadi gak asal petik aja.
7.Mandolin
Semacam gitar tapi kecil mempunyai dawai 4 biasanya satu dawai mempunyai 2 senar. 
8. Keyboard atau organ
Dalam musik dangdut biasanya di butuhkan dua orang untuk memainkan yang satu string terus yang satunya lagi istilahnya ngrucil..keyboard ini harus ada sebab klo gak ada akan mengurangi harmonisasi musik atau lebih gampangnya serasa ada yang kosong.

Sebenarnya ada beberapa alat musik lagi yang bisa di masukkan diantaranya terompet dan drum tapi tanpa dua alat musik tersebut sudah lumayan rame dan bisa bikin tawuran..hehehe. Sepertinya sekian dulu deh klo ada waktu ntar kita terusin lagi..oya buat master-master dangdut klo ada salahnya mohon koreksinya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar